Perkembangan Media Massa di di Indonesia

 


        Seperti yang kita ketahui bahwa Perkembangan media di Indonesia saat ini sudah semakin maju. Dunia cetak perlahan-lahan mulai beralih ke dunia digital dan elektronik. Semakin banyaknya perusahaan-perusahaan media memperlihatkan kemajuan yang sangat pesat di dunia media massa. Sayangnya perkembangan media saat ini di Indonesia tidak terlalu signifikan dibandingkan dengan pendidikan manusianya.

        Seiring dengan sejarah perkembangan teknologi komunikasi yang kini memasuki era digital, berbagai media massa di Indonesia juga mulai memanfaatkan kehadiran internet sebagai media komunikasi untuk menyampaikan jenis-jenis informasi dan jenis-jenis berita kepada khalayak yang jauh lebih luas. Selain portal berita, berbagai platform media sosial pun turut dimanfaatkan oleh pemilik media dan jurnalis guna menyampaikan pesan-pesan kepada khalayak

        Komunikasi massa adalah komunikasi yang dilakukan melalui media komunikasi massa atau media massa seperti surat kabar, radio, televisi, majalah, film, dan internet. Dalam sistem komunikasi massa, kita dapat melihat beberapa karakteristik yang membedakannya dari sistem komunikasi interpersonal. Karakteristik komunikasi massa yang dimaksud adalah bahwa komunikasi massa bersifat tidak langsung atau dengan kata lain harus melalui media massa, bersifat satu arah yang mengandung arti tidak ada interaksi antara sumber dan penerima, bersifat terbuka dalam artian pesan ditujukan kepada khalayak yang anonim serta tersebar luas. Sementara itu, dilihat dari segi psikologi komunikasi, komunikasi massa juga memiliki beberapa karakteristik lain seperti pengendalian arus informasi, umpan balik, stimulasi alat indera, dan proporsi unsur isi dan hubungan.
Media massa menurut para ahli dapat dibedakan ke dalam dua macam, yaitu media massa tradisional dan media massa modern. Media massa tradisional umumnya merujuk pada media massa cetak (surat kabar dan majalah) dan media massa elektronik (radio, televisi, dan film). Sedangkan, yang dimaksud dengan media massa modern adalah internet. Tak jarang, dalam teori media baru atau teori new media, media massa elektronik seringkali disebut juga dengan media era pertama sedangkan media massa modern merujuk pada media era kedua

        Media digital atau online juga merupakan salah satu bagian dari media massa mempunyai tugas dan sifat yang sama. Selain dari pada itu juga media massa juga mempunyai kekurangan dan kelebihan, kelebihan nya diantara nya adalah leih cepat terbit, lebih cepat berdampak,menembus ruang dan waktu dll. Selain mempunyai kelebihan media massa juga mempunyai kekurangan diantaranya adalah karena sering cepat terbit, kerap melakukan kesalahan seperti narasumber berita yang kurang lengkap atau kurang memadai. Selain dari pada itu juga media digital mempunyai tantangan diantaranya adalah melawan hoaks yang disebarkan melalui media sosial, mempertahankan nilai-nilai jurnalisme, bersaing dengan media lain. Kemudian dari pada itu juga media digital mempunyai hambatan media digital diantaranya yaitu hambatan internal (intervensi atasan hingga pemilik media), hambatan eksternal (intervensi dari pemerintah,pihak yang berkuasa, pihak yang merasa dirugikan dari pemasang iklan).

        Sejarah media massa diawali dengan ditemukannya media cetak dan terus mengalami perkembangan selama abad 20 hingga kini. Media massa mencapai puncak kejayaannya di abad 20 hingga dikenal juga sebagai abad komunikasi massa. Memasuki abad 21, media massa mulai menggunakan internet untuk menyebarluaskan berita dan informasi kepada khalayak yang jauh lebih luas. Sedangkan perkembangan Sejarah media massa di Indonesia dimulai sejak masa penjajahan Belanda dan baru mengalami perkembangan yang signifikan setelah bergulirnya era reformasi di penghujung tahun 1990an. Media massa di Indonesia juga terdiri dari macam-macam media komunikasi seperti televisi, radio, film, surat kabar, majalah, dan internet. Di Indonesia, masing-masing media komunikasi tersebut memiliki perjalanan sejarahnya sendiri.

        Seiring dengan sejarah perkembangan teknologi komunikasi yang kini memasuki era digital, berbagai media massa di Indonesia juga mulai memanfaatkan kehadiran internet sebagai media komunikasi untuk menyampaikan jenis-jenis informasi dan jenis-jenis beritakepada khalayak yang jauh lebih luas. Selain portal berita, berbagai platform media sosial pun turut dimanfaatkan oleh pemilik media dan jurnalis guna menyampaikan pesan-pesan kepada khalayak. Namun yang perlu juga dipahami adalah bahwa para jurnalis tetap mengacu pada kode etik wartawan atau kode etik jurnalistik dalam proses peliputan berita dan ditambah dengan payung hukum lainnya yang dikenal dengan pedoman media siber.

        Mengikuti perkembangan zaman, di era digital seperti sekarang, beberapa stasiun radio maupun televisi pun mulai memanfaatkan internet dalam metode siarannya. Beberapa stasiun radio maupun stasiun televisi di Indonesia menyiarkan secara langsung via internet. Kehadiran internet juga memberikan dampak tersendiri bagi usaha penerbitan pers. Perkembangan teknologi komunikasi yang merambah usaha penerbitan pers menyebabkan alih bentuk surat kabar menjadi digital. Beberapa usaha penerbitan pers tidak mampu menghadapi kehadiran teknologi baru. Para pengiklan lebih suka untuk mempromosikan produknya melalui media digital. Hal ini mengakibatkan berkurangnya pemasukan dari iklan yang selama ini menyokong pertumbuhan surat kabar konvensional. Beberapa usaha penerbitan pers bahkan mengalami kebangkrutan. Hal ini tidak hanya terjadi di Indonesia, melainkan juga terjadi di berbagai negara di dunia.

          Kegiatan jurnalistik yang dilakukan oleh media televisi (jurnalistik televisi), media radio (jurnalistik radio atau jurnalisme radio), dan media cetak kini dilengkapi dengan kegiatan jurnalistik online. Pemanfaatan internet dalam berbagai kegiatan jurnalistik diharapkan dapat mengirimkan informasi secara lebih cepat dan dapat  menjangkau khalayak yang jauh lebih luas. Bentuk lain kegiatan jurnalistik sebagai dampak kehadiran internet adalah adanya jurnalisme warga. Kini, siapa pun dapat menyampaikan informasi kepada masyarakat. Karena, yang masih menjadi perdebatan adalah tidak adanya kode etik bagi warga yang menjalankan kegiatan jurnalistik. Hal ini terbukti dengan banyaknya berita atau informasi yang tidak valid dan tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Tentunya akan sangat berbeda dengan kegiatan jurnalistik yang dilakukan oleh kalangan profesional karena mereka dibekali dengan ilmu dan dibatasi dengan kode etik dalam menjalankan tugasnya.

        Manfaat Mempelajari Perkembangan Media Massa di Indonesia
Mempelajari perkembangan media massa di Indonesia dapat memberikan manfaat, diantaranya adalah kita dapat mengetahui dan memahami berbagai jenis media massa yang ada di Indonesia serta dampak kehadiran internet bagi media massa dalam menjalankan fungsi dan perannya kepada masyarakat.
Demikianlah ulasan singkat tentang perkembangan media massa di Indonesia. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang berbagai media massa serta perkembangannya berdasarkan perjalanan sejarah masing-masing media massa di Indonesia

Nama: Philipus Vardiman

NIM: 915190067

 

Comments